Tangkuban parahu. Sebuah gunung berapi yang berada pada ketinggian 2084 MDPL. Berada 20 KM arah utara dari kota Bandung menuju Kabupaten Subang. Lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara, apalagi kalau lagi hari minggu atau musim libur. Suhu udara dikawasan wisata ini sangat dingin, bisa mencapai 2 derajat Celsius kalau malam hari dan 17 derajat celcius pada siang harinya.

Gunung Tangkuban parahu dengan segala macam legenda yang menyertainya adalah destinasi wisata alam yang sangat diperhitungkan karena keindahannya. Bahkan Kabupaten Bandung pada salah satu bagian logonya terdapat gambar tangkuban parahu yang terilhami dari indahnya gunung yang kalau dilihat dari kejauhan seperti perahu terbalik ini.
Untuk menuju gunung yang terkenal dengan cerita sangkuriang ini tidaklah sulit, banyak kendaraan umum dari Bandung yang melewati lokasi wisata ini. Untuk pengunjung yang memakai motor atau mobil, walaupun kita berwisata di gunung yang masih aktif kita tidak akan mengalami kesusahan, diikarenakan jalan yang menghubungkan lokasi wisata ini sangat baik dan luas.  
Setibanya kita di obyek wisata ini, ada beberapa alternatif pilihan untuk menjelajahi indahnya tangkuban parahu. Bisa jalan kaki melewati jalan setapak yang telah telah disediakan, bisa menyewa kuda untuk berkeliling gunung. Gunung Tangkuban Parahu mempunyai beberapa kawah, antara lain Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas dan Kawah Jurig. Di kawah-kawah inilah kita bisa berselfie dengan background gunung dan kawah, disini juga disediakan spot-spot untuk berselfie. Jangan sampai melewati batas yang ditentukan, karena kalau kita lalai kita bisa tercebur ke dalam kawah. Waduh gak kebayang kan kecebur ke dasar kawah ……

Dari sekian banyak kawah yang ada, kawah ratu termasuk yang sangat banyak dikunjungi. Jika anda berada disini, dan memiliki tenaga yang lebih bisa mencoba naik ke stasiun geologi yang berada diatasnya. Dari stasiun ini segala aktifitas gunung ini dipantau. Lokasi lain yang indah untuk dipakai adalah hutan pinus yang perdu.

Ketika kita berada ditempat wisata yang berbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang ini, kita juga akan menemui lapak-lapak pedagang yang menjajakan segala bentuk kerajinan dan macam-macam olahan makanan khas bandung.
Demikian sekilas pengalamanku berwisata di gunung Tangkuban Parahu, gunung yang mempunyai pemandangan yang indah dan romantis untuk sekedar bercengkrama dengan teman, sahabat atau bahkan dengan tambatan hati. Ketika kita berwisata disini jangan lupa buang sampah pada tempat yang telah disediakan, jangan vandalisme dan jangan merusak fasilitas umum yang tersedia. Salam lestari. (maswid)

Kategori: Travelling

maswid

simple

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *