Sebenarnya taman di kota Bandung sudah sejak lama keberadaannya. Seiring majunya Kota Bandung sebagai kota metropolitan yang sangat diperhitungkan maka banyak didirikan mall, dan bangunan-bangunan megah lainnya yang kesemuanya itu mau tidak mau akan mengurangi ruang terbuka hijau yang ada. Bagaimana tidak, lahan tidak bisa nambah sedangkan bangunan-bangunan baru tersebut akan terus bermunculan.

Di masa kepemimpinan Ridwan Kamil inilah taman-taman mulai ditata, taman didesain agar bisa dipakai sebagai sarana publik warga atau komunitas tertentu. Karena menurut walikota yang biasa disapa kang emil itu, orang akan jauh lebih bahagia ketika berada di ruang terbuka hijau daripada berada didalam ruangan atau di dalam sebuah mall.    Taman-taman di Bandung dibangun secara tematik, didasarkan pada hobi warga sekitar taman, warga yang suka bermusik dibangunlah taman music, warga yang suka bunga dibangunlah taman pustaka bunga, warga yang hobi menonton film dibangunlah taman film dan bagi warga yang merasa jomblo atau masih sendiri dibangunlah taman pasupati atau taman jomblo yang berada di bawah jembatan layung pasupati.

Berikut penjelasan beberapa taman yang berada di Kota Bandung yang sempat aku singgahi selama berada di bandung

Taman Pasupati

Taman ini berada dibawah jembatan layang Pasupati, oleh karenanya taman yang dipenuhi berbagai macam ukuran bangku yang terbuat dari batu ini dinamakan Taman Pasupati. Taman ini cocok untuk dijadikan tempat berkumpulnya para jomblo sebangsa dan setanah air, selain gratis taman ini juga dilengkapi dengan akses internet gratis. Jadi bagi para anda yang jomblo berkunjung kesini anda tidak akan kena air hujan waktu musim hujan karena otomatis anda akan dipayungi oleh jalan beton yang berada diatasnya. 🙂 So sweet dipayungi payung beton ni ye… hehehehe

Taman Film

Taman yang fungsinya dipakai untuk menonton film ini keberadaannya di bawah jembatan layang pasupati. Taman ini seperti pematang sawah yang hijau, dikarenakan bangku-bangku  yang ada dibuat berundak-undak. Selain bangku yang unik terdapat juga layar videotron yang besar yang dipakai nonton  bareng, selain nonton bareng di taman yang lokasinya berdekatan dengan Taman Pasupati juga sering diputarkan film secara random disetiap malam-malmnya.

Taman Lansia

Taman ini bersebelahan dengan Kantor Gubernur Jawa Barat atau yang populer disebut Gedung Sate. Walaupun namanya Taman Lansia, taman ini juga banyak dikunjungi Penduduk Bandung yang masih muda. Mereka berkumpul untuk refreshing di sini baik itu untuk acara keluarga, rekreasi, ataupun hanya sekedar menikmati lingkungan yang rindang akan pepohonan ini. Awalnya taman ini bernama Taman Cisangkuy karena berada di Jalan Cisangkuy dan seiring berjalannya waktu banyak para lanjut usia yang berolahraga disini, akhirnya PemKot sendiri menamai Taman ini dengan Taman Lansia. Aktivitas yang bisa dilakukan disini yaitu berolahraga karena terdapat trek untuk berlari seputaran taman ini. Di Taman ini juga terdapat  2 buah danau buatan yang dibuat untuk mengurangi resiko banjir di daerah sekitar.

Taman Pustaka Bunga

Taman Pustaka Bunga terletak di Taman Cilaku atau Taman Lansia. Taman Pustaka Bunga memiliki banyak jenis bunga yang menarik. Beberapa jenis bunga yang ada di taman ini adalah mawar, puring, bakung, kastuba, bunga kertas, krisan, lidah mertua dan berbagai jenis anggerk. Beberapa anggrek langka ditemukan di tempat ini. Anggrek-anggrek ini ditempelkan di pohon-pohon besar yang ada di taman ini.

Taman Fotografi

Bagi anda para pecinta fotografi, mungkin inilah taman yang cocok bagi anda. Taman ini sengaja dibangun untuk memberikan ruang terbuka hijau bagi komunitas fotografi Bandung. Dengan dibangunnya taman yang bertemakan fotografi ini pemkot ingin menfasilitasi warganya yang hobi jeprat jepret. Ruang publik yang berada di Jalan Kemuning No.4, Sumurbandung ini sangat disambut antusias oleh komunitas-komunitas fotografi Bandung.

Taman Musik Centrum

Taman ini dibangun PemKot Bandung bertujuan untuk menfasilitasi warganya yang hobi bermusik. Di Taman ini sering digunakan untuk konser  musik dari band-band lokal Bandung. Taman yang keberadaannya diantara SMAN 5 dan SMAN 3 Kota Bandung ini juga sering digelar pentas musik. Jadi bagi anda yang suka musik bahkan tidak bisa bermusik sekalipun bisa kok nimbrung di taman yang dilengkapi akses internet gratis ini.

Taman Persib

Taman ini dibangun pada pemerintahan Ridwan Kamil, taman ini didedikasikan kepada tim sepakbola yang pernah memenangi Piala Presiden 2015 yaitu Persib Bandung.  Taman yang berada di Jalan Supratman ini dilengkapi beberapa lapangan futsal yang biasa dipakai warga bandung secara gratis. Kedepan taman persib ini juga akan dilengkapi museum, didalam museum akan di pamerkan perjalanan Persib dari masa lalu sampai saat ini.

Taman Fitness

Taman ini dibangun untuk menfasilitasi warga Bandung yang suka berolahraga. Di Taman yang berada di jalan Imam Bonjol ini dilengkapi beberapa macam alat olahrga seperti fitness outdoor, jogging track, therapy stone, mini soccer yang kesemuanya bisa dimanfaatkan warga secara gratis. Selain untuk berolahrga taman yang juga dilengkapi akses internet gratis ini juga dipakai untuk sekedar beristrihat, karena taman ini udaranya relatif sejuk.

Taman Super Hero

Anda pingin ketemu dengan superhero favoritmu??? Datanglah di jalan Bengawan, Bandung Wetan, Kota Bandung. Ya di Taman ini pengunjung bisa berselfie ria dengan tokoh superhero pujaanmu. Salah satu superhero asli Indonesia seperti Gatotkaca bisa anda temui disini. Patung Gatotkaca yang dibangun dengan menonjolkan otot-ototnya yang kuat ini dibuat oleh perupa ternama dari Kota Bandung. Selain Gatot Kaca pun, terdapat banyak patung-patung superhero dunia yang terkenal seperti batman, spiderman, dan lain-lain. Berminat kesini??? Mangga’

Taman Gesit

Taman Gesit ini keberadaan tergolong baru. Taman yang berada dikawasan kampus UnPad lama ini setiap harinya selalu dipenuhi para mahasiswa atau warga sekitar taman untuk sekedar melepas kepenatan. Taman juga dilengkapai dengan tree deck atau sebuah tempat yang keberadaannya diatas pohon, tree deck sendiri dibangun melingkar yang mengelilingi pohon. Di taman ini juga bisa dimanfaatkan oleh berbagai komunitas pecinta lingkungan untuk beraktivitas. Konsep taman sendiri adalah aktif park yang kesemuanya divisualkan dengan dibangunnya beberapa fasilitas olaahraga seperti, monkey bar, incline board, dan spider webb. Selain itu taman juga terdapat patung-patung yang berwarna kuning,  merah, hijau dan biru yang sedang berolahraga. Taman ini juga dilengkapi akses internet gratis. Selain bisa menikmati taman yang indah, mungkin juga bisa berkenalan dengan mahasiswa UnPad ckckckck ….

Taman Panatayudha

Taman yang rindang akan pepohonan dinamakan Taman Panatayudha. Panatayudha sendiri adalah nama jalan yang melewati taman tersebut. Pepohonan yang besar dan rata-rata sudah berumur tua menghiasi taman yang juga dilengkapi akses wifi gratis ini. Berbagai macam permainan anak juga tersedia disini. Taman yang lokasinya berdekatan dengan sekolah PGII Kota Bandung ini setiap hari selalu ramai oleh pengunjung. Mengantisipasi warga yang berkunjung setiap harinya agar selalu kelihatan bersih, pengelola juga menyediakan tempah sampah untuk menampung sampah para pengunjung. Bagaimana tertarik ke taman ini???

Taman Vanda

Nama taman yang diambil dari salah satu spesies anggrek ini berada diantara Gedung Bank Indonesia dengan Polrestabes Bandung. Taman ini telah dilengkapi dengan air mancur yang cantik . Pada Siang hari mungkin kecantikan taman ini kurang terlihat, Tapi, cobalah datang di malam hari pada pukul 18.00 WIB sampai 20.00 WIB. Air yang menyembur dari lubang-lubang khusus di lantai makin asyik dilihat karena berwarna-warni disorot lampu-lampu yang mengelilingi lubang keluarnya air. Di taman ini juga, terdapat nama-nama negara didunia. Berminat ke taman ini ???

Inilah sekelumit ceritaku tentang taman-taman tematik yang berada di kota Bandung, semoga ceritaku kali ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Dan bagi anda yang ingin berkunjung ke taman Bandung, ingat  jangan buang sampah sembarangan, jangan merusak, jangan vandalisme, jangan merokok ditempat umum. Hatur Nuhun…. (maswid)

Kategori: Travelling

maswid

simple

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *