Sebenarnya udah setahun aku tinggal di bandung, tepatnya di Jalan Terusan Kopo yang sangat terkenal dengan macetnya itu. Selama setahun itu pulalah beberapa tempat di bandung ini coba aku datangi, sekedar ingin tahu dan ingin merasakan atmosfer di suatu kota baru yang aku datangi. Dalam beberapa tempat yang aku datangi aku selalu menuliskan tentang hal-hal baru, pengalaman baru, dan apapun baru, termasuk mendapatkan obyek foto yang baru hehehe…. 🙂

Kantor Bupati dan Kantor SKPD Kabupaten Bandung

Di komplek pusat pemerintahan bandung inilah, bupati dan wakil bupati berkantor selain itu sebagian besar dinas kabupaten bandung juga berkantor disini. Komplek kantor bupati juga sudah dilengkapi gedung pertemuan yang bernama Aula Dewi Sartika, digedung inilah setiap akhir pekan atau hari-hari tertentu selalu digunakan masyarakat untuk kegiatan tertentu.

Narsis @Kantor Bupati Bandung

Lapangan Upakarti

Lapangan yang berada di komplek kantor bupati ini bernama lapangan upakarti, lapangan ini sering dipakai upacara dan kegiatan-kegiatan kepemerintahan daerah bandung. Selain itu lapangan yang berada persis didepan kantor bupati bandung ini juga dilengkapi lintasan lari dan disetiap sudut-sudutnya diberi taman, lapangan ini juga sering dipakai pagelaran musik, kegiatan pelajar dan lain sebagainya.

Penangkaran rusa dan ayam kalkun

Di tengah-tengah komplek pemerintahan bandung ini juga terdapat kebun binatang mini, rusa dan ayam kalkun dikembangbiakkan disini. Puluhan ekor rusa yang didatangkan langsung dari bogor ini dipelihara langsung oleh petugas dari pemerintah bandung, masyarakat juga bisa memberi makan, tentunya harus izin dulu ke petugas jaga. Selain Rusa, kebun binatang mini yang ada di Kantor Bupati Bandung ini juga memelihara ayam kalkun. Ayam kalkun ditempatkan satu kandang dengan rusa.Gedung DPRD Kabupaten Bandung

Di komplek pusat pemerintahan kabupaten bandung ini selain kantor pemerintahan eksekutif, para anggota legislatif kabupaten Bandung juga berkantor disini tentunya beda gedung. Para anggota legislatif berkantor di bangunan paling ujung dari komplek pusat pemerintahan soreang ini.

Gedung Budaya Sabilulungan

Gedung budaya sabilulungan ini berada di seberang kantor bupati, gedung yang dinamai dari hasil sayembara ini adalah gedung kesenian paling megah se jawa barat. Gedung yang didanai APBD dalam pembangunannya ini menelan biaya sebesar 70 milyar. Penulis tidak bisa menuliskan apa yang ada didalamnya gedung tersebut karena gedung selalu tertutup, tapi kalau dilihat dari luar, gedung yang berbentuk bundar ini sangat megah. Menurut beberapa sumber, disekitar gedung budaya ini akan dibangun pasar seni, kampong sunda serta fasilitas yang lainnya. Nama sabililungan juga dipakai bupati yang sedang berkuasa saat ini untuk motto pembangunan kabupaten bandung.

Gedung Science Center

Gedung ini dibangun sebagai pusatnya pengembangan ilmu di kabupaten bandung. Selain itu gedung yang desainnya sangat unik ini pula juga dipakai untuk menggodok lulusan lulusan SMA/MA/SMK untuk menguasai keterampilan tertentu. Gedung ini keberadaan di jalan Al-fathu seberang kantor bupati bandung, dan diapit gedung sabilulungan dan gedung bale rame.

Gedung Bale Rame

Gedung Bale Rame atau semacam gedung pertunjukan terbuka (dome), gedung ini telah dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Bandung untuk berbagai keperluan, dari pertunjukan kesenian skala besar, pameran dan aktivitas lain. Dari gedung yang semua konstruksinya dari besi inilah pengunjung bisa menikmati pemandangan berupa hamparan sawah dan pegunungan yang mengelilingi Kota Soreang. Bale ini mampu menampung pengunjung sekitar tiga ribu orang.

Masjid Al-Fathu

Masjid ini adalah masjid pemerintah kabupaten bandung. Setiap acara-acara keagamaan dari pemerintahan sering dipusatkan disini. Berada bagian depan komplek kantor bupati. Masjid ini dilengkapi taman dan perpustakaan.

Demikianlah ceritaku dari pusat pemerintahan bandung di kota soreang ini, jika anda berada di kabupaten bandung, pada hari minggu sempatkanlah jalan-jalan disini. Tetapi tetap inget jangan buang sampah sembarangan, jangan vandalism, jangan merokok di tempat umum, jangan merusak fasilitas yang ada. Hatur nuhun.

Taman Rusa di dalam komplek gedung pemkab bandung

Taman Sabilulungan

Kategori: Travelling

maswid

simple

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *