Anda hobi melakukan kegiatan camping??? Mungkin inilah lokasi yang cocok buat anda. Bumi Perkemahan Kampung Cai Rancaupas. Di kawasan bumi perkemahan yang juga dijadikan area konservasi rusa jawa ini mungkin pilihan yang sangat tepat. Luas, sejuk, dan sebagai area bumper fasilitasnya juga lengkap.

Bumi Perkemahan Kampung Cai Rancaupas atau disebut Bumper Rancaupas berada di Desa Alam Endah Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Lokasi bumper ini juga sudah dilintasi kendaraan umum dari soreang (ibukota bandung selatan). Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, disepanjang jalan menuju lokasi bumper juga banyak rambu-rambu tentang keberadaan bumper ini, jadi jangan takut nyasar, lagian hpmu yang android itu kan juga ada fasilitas penunjuk arahnya kan …??? Jalan menuju bumper juga sudah bagus, agak menanjak sih…. namanya juga pegunungan :). Dan untuk anda yang suka buah strawberry, disepanjang jalan menuju bumper juga banyak dijual buah strwabery, bahkan anda juga berkesempatan memetik sendiri. Kalau masalah harga sih tanya sendiri ya… hehehehe.

Pengunjung yang ingin melakukan camping ceria bisa membeli tiket langsung ditempat atau juga bisa pesan terlebih dahulu via telepon. Pengelola memberlakukan tiket masuk sebesar 10 ribu per pengunjung, dan bagi anda yang menggunakan motor dikenakan tarif parkir sebesar 3 ribu dan mobil 5 ribu. Saranku sih bagi anda yang ingin melakukan camping bersama dalam jumlah besar bisa pesan tempat dulu, sehingga anda bisa mendirikan tenda di lokasi yang sama dengan rombongan anda. Gak lucu kan kalau mau camping bersama tetapi tenda berada di lokasi yang pisah-pisah dengan rombongan.

Di bumper rancaupas ini juga banyak disewakan tenda dan peralatan camping lainnya, jadi jangan kawatir bagi anda yang nggak punya tenda, tenda akan dipasangkan penyewa begitupun jika kita pulang tenda juga akan dibongkarnya, harga sewa tenda disini rata-rata 80 ribu per 24 jam. Di dekat area parker bumper juga banyak kita temui warung yang menjajakan berbagai macam menu makanan, seperti sate, soto, nasi rames, nasi pecel, mie instan dll. Bagi anda yang takut akan kedinginan, disini juga banyak dijual kayu bakar untuk api unggun, harga per ikatnya 10 ribu rupiah. Tapi bagiku alangkah baiknya kalau alat-alat camping kita siapkan sendiri dari rumah, apalagi alat memasak, karena disini tidak disewakan. Bagiku sih sensasi dari sebuah camping adalah kita bisa memasak sendiri di alam terbuka.

Bumper Rancaupas sebagai kawasan wisata alam terpadu dan sebagai bumi perkemahan mempunyai beberapa wahana wisata seperti :

Area camping

Sebagai bumi perkemahan, kawasan rancaupas memiliki lahan yang sangat luas dan bisa menampung sampai dengan 10.000 ribu orang, sehingga tempat ini sangat begitu leluasa dan anda bisa memilih lokasi atau tempat camping yang sesuai dengan keinginan anda. Area camping yang luas ini setiap akir pekannya selalu ramai, selain wisatawan dari bandung sendiri, wisatawan luar kotapun sering mengadakan camping disini.

Penangkaran Rusa

Rusa jawa adalah ikon Objek Wisata yang berada di Bandung Selatan ini. Rusa dibiarkan hidup di alam bebas seperti di habitat aslinya. Rusa yang ditangkar disini berada dilahan yang cukup luas dan dikelilingi oleh pagar kawat. Rusa jenis jawa ini sangat agresif begitu melihat orang, tetapi walaupun begitu kita masih bisa melihat dalam jarak dekat tentunya dengan memberi makanan. Wortel adalah makanan rusa disini, jadi bagi anda yang ingin lebih dekat dengan rusa kasihlah makan rusa dengan wortel. Wortel dijual dipintu masuk menuju penangkaran, harganya untuk setiap kantong kresek 5 ribu rupiah.

Kolam Pemandian Air Panas dan Waterboom

Bumper yang terkenal hawa dingin bahkan bisa mencapai suhu 0 derajat celcius ini ini juga sudah tersedia kolam renang serta pemandian air panas dengan fasilitas waterboom. Anda bisa menikmati sensasi bermain air dan berenang di kolam pemandian air panas di tengah kawasan yang dikelilingi pemandangan pegunungan ini. Selain itu kolam disini airnya sangat bersih karena langsung berasal dari sumbernya. Keberadaan kolam renang sendiri berada di samping area penangkaran rusa, jadi selain nyelam anda juga melihat rusa jawa berkeliaran.Fun Games

Sebagai wahana wisata terpadu, bumper rancaupas ini sudah dilengkapi berbagai permainan outdoor seperti main perahu-perahuan dan games seru lainnya. Untuk masuk diarea permainan ini pengunjung dikenakakan biaya tambahan.

Mungkin itulah sekelumit ceritaku tentang betapa indahnya bumi perkemahan yang ada di Bandung selatan ini. Selamat bercamping. Semoga campingmu menyenangkan. (why)

Kategori: Travelling

maswid

simple

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *