Sabtu pagi itu, udara Kota Jombang terasa sejuk menyelimuti Kecamatan Mojowarno. Sebanyak 3 armada bus berangkat mengantarkan Forum Komunikasi Antar Badan Keswadayaan Masyarakat (FKA-BKM) Kecamatan Mojowarno guna studi banding di Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Tujuan keberangkatan ini adalah belajar mengelola blog.

Banyak hal yang bisa dipetik dari studi banding ini. Apalagi dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Sugiharjo Karso, yang dulunya adalah Koordinator BKM Gemah Ripah Sejahtera Mandiri, memberikan apresiasi dengan memberikan dana sharing APB Desa, agar blog di desanya bisa terus eksis dan memberikan manfaat. Khususnya bagi masyarakat Desa Sugiharjo. Alhasil, dalam kurun 4 tahun, blog tersebut dikelola oleh BKM secara mandiri, khususnya oleh sekretaris Widyi Utomo.

Turut hadir dalam studi banding adalah Tim Konsultan Kabupaten Jombang. Tidak semua personel tim bisa mengikuti studi banding ini, karena di waktu bersamaan juga ada kegiatan di Desa Tengaran, Kecamatan Peterongan, berupa Sosialisasi Massal (Sosmas) sekaligus memperingati Hari Kartini. Malahan di acara Sosmas ini menghadirkan bupati, wakil bupati, serta jajarannya.

Di acara studi banding, suasana gayeng dan penuh keakraban diperlihatkan tuan rumah. Begitu peserta studi banding turun dari bus dan masuk pelataran balai desa, mereka langsung disuguhi alunan musik tradisional langen tayub, plus makanan dan minuman tradisional (legen) khas tuban.

Sumber :

http://www.p2kp.org/

Soni Widinarta

Askot UP Kabupaten Jombang

OSP 6 Prov. Jawa Timur

PNPM Mandiri Perkotaan


maswid

simple

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *