Bicara wisata di bandung selatan memang gak ada bosennya, dan gak ada abis-abisnya selalu ada saja tempat-tempat di daerah ini yang bisa dijadikan referensi untuk tempat wisata atau sekedar jalan-jalan. Kali ini saya akan cerita tentang sebuah perjalanan wisata bersama teman-teman kantor berwisata sekaligus berpetualang di tempat wisata di daerah pangalengan bandung selatan jawa barat.
Kawasan wisata situ cileunca. Tempat wisata yang sangat sejuk selain karena ada danau yang begitu luas, wilayah ini juga dikelilingi gunung Malabar, gunung papandayan dan gunung sepuh. Danau yang total luasnya 1400 hektar ini juga dipakai untuk pembangkit listrik. Air sendiri dipasok dari sungai palayangan yang begitu deras alirannnya. Konon dimalam hari udara disini sangat dingin kisaran 15 derajat celcius, oleh karena jika kita bermalam dihimbau untuk memakai jaket yang tebal.

Wisata di situ cileunca menawarkan berbagai macam wahana wisata. Ada arung jeram, paint ball, flying fox, memancing bahkan ada hamparan yang sangat luas untuk berkemah. Oke aku ingin menceritakan terkait pengalamanku berwisata sekaligus berpetualangan. Dimulai dari arung jeram, arung jeram ini memang sangat aku idam-idamkan dan akhirnya kesampaian juga. Arung jeram ini dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman, berbagai perlengkapan dan arahan kami terima sebelum mengikuti arung jeram ini. Wisata arung jeram ini dimulai dari danau situ cileunca dan dilanjutkan ke sungai palayangan. Air yang mengalir memang sangat deras, selain alirannya deras di sungai palayangan juga banyak rintangan, jadi kita harus bener-bener nurut pemandu. Lengah sedikit saja kita bisa nyangkut di pepohonan  yang ada disungai. Petualangan arung jeram berlangsung sekitar 1,5 jam, wah capek banget tapi seru. Ohya dipengujung arung jeram ternyata kita sudah dipersiapkan jagung manis rebus dan susu. Wah seger banget …..

Petualangan dimulai lagi, kini saatnya permainan yang juga gak kalah seru yaitu paint ball. Paint ball adalah semacam olahraga dimana individu / grup saling menembak satu sama lain dengan peluru yang berisikan cat. Walaupun berisi bola kecil yang berisi cat, tapi kalau kena badan, manteb juga brow sakitnya hehehe. Permainan ini dilaksanakan masih dikawasan situ cileunca tepatnya di hutan pinus. Ohya sebelum melakukan permainan ini kita juga harus memakai pakaian kusus, helm dan kacamata selain itu kita harus  mendengarkan arahan bagaimana permainan ini bahkan ketika sedang dalam permainan kita harus mendengarkan aba-aba dari instruktur.
Permainan paint ball pun usai, dan kini saatnya kita kembali ke danau situ cileunca. Dengan naik mobil pic up kita satu rombongan menyusuri hutan dan kebun warga. Suasana sangat asri, dikanan kiri kita pulang kita banyak menjumpai masyarakat sekitar yang sedang memanen kentang, strawberry dan wortel. Perjalanan berkisar antara setengah jam dari wahana paint ball menuju danau situ cileunca.

Dan kita sampai ke permainan yang terakhir yaitu flying fox. Permainan ini berada di atas danau situ cileunca, sebuah kabel baja yang membentang membelah situ cileunca. Permainan ini juga bisa dikatakan menguji adrenalin, sebentar sih tapi kalo takut akan ketinggian wes ra usah hehehehe…
Segala permainan sudah selesai. Kini saatnya ishoma, kami serombongan sudah disiapkan makan siang oleh pengelola. Setelah mandi, sholat kita makan bersama-sama disebuah saung yang lokasinya menghadap danau langsung. Di kawasan wisata ini kita juga bisa menjumpai sebuah perahu besi kuno yang beberapa waktu lalu ditemukan didasar danau, perahu ini dipajang dipinggir danau.

Itulah sekelumit ceritaku dari situ cileunca, mana ceritamu? Mari kita explore kekayaan negeri ini dengan mendatanginya dan satu lagi jangan nyampah ya …. Salam.

Kategori: Travelling

maswid

simple

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *