Liburan ke Jogja rasanya kurang pas kalo belum mencoba makan gudheg. Makanan yang sudah sangat melegenda ini bisa kita temui hampir di seluruh wilayah Yogyakarta dan sebagian daerah Jawa Tengah. Pusat makanan yang berbahan gori (nangka muda) yang dimasak dengan santan ini berada di Jalan Wijilan Kota Yogyakarta, di pintu masuk jalan ini, tepatnya didepan gapura plengkung wisatawan akan disambut dengan tulisan Selamat Datang di Sentra Makanan Khas gudheg yang sangat gede.

Salah satu restoran yang menyajikan gudeg wijilan yaitu Gudeg Yu Djum 167, sesuai nama restonya gudeg ini berada di jalan wijilan No. 167 Kota Yogyakarta. Gudheg Yu Djum merupakan salah satu pelopor gudheg yang ada di Yogyakarta, sudah punya nama dan cabangnya ada dimana-mana. Gudheg dimasak dengan cara tradisional, memakai tungku kayu bakar, karena rahasia inilah Gudeg Yu Djum mempunyai aroma rasa yang khas.

Harga gudheg bervariasi sesuai dengan lauk yang kita inginkan. Satu porsi gudeg yang saya pesan seharga 30 ribu rupiah. Menu yang saya pesan ini termasuk menu standar, ada krecek, tahu, telur dan sambil krecek. Seporsi gudheg disajikan diatas piring, piringnya terbuat dari anyaman bambu yang dialasi kertas minyak. Untuk minuman juga banyak pilihannya, tapi bagi saya makanannya apa saja, minumnya tetap es jeruk 🙂

Rumah makan ini tempatnya termasuk luas, tapi meski begitu karena sudah sangat terkenal, setiap saat terus ada yang antre untuk pesan makanan. Selain bisa makan ditempat, gudheg juga bisa dipesan untuk oleh-oleh, biasanya gudheg dengan berbagai macam paket dibungkus dengan kwali (terbuat dari tanah liat) dan besek (anyaman bambu). Sekian dan selamat mencoba. (maswid)


maswid

simple

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *