Biasanya untuk mendapatkan susu sapi segar, kita harus pergi di daerah yang mempunyai dataran tinggi, semisal batu malang, pangalengan bandung, boyolali dan lainnya. Tapi di Tuban yang notabene daerahnya dataran rendah, juga ada produksi serupa, tepatnya di Jalan Mojopahit No. 100, barat daya pasar baru, orang Tuban biasa menyebut daerah ini karangwaru.

Produksi susu sapi merupakan salah satu anak usaha dinas peternakan Jawa Timur, yang dikelola Unit Pelaksana Teknis Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak (UPT PT-HMT). Sesuai namanya, dinas ini mengurusi pembibitan ternak khususnya sapi Peranakan Ongole (PO) serta hijauan pakan ternak.

Sebelum adanya pandemi covid, pagi usai subuh para pelanggan sudah berdatangan untuk mengantre beli susu. Siang dikit sudah habis, jadi harus pagi-pagi. Pembeli mambawa botol untuk wadah susu. Sekarang dengan merebaknya wabah covid ini, pengelola merubah cara penjualannya. Susu bisa didapatkan dengan durasi waktu yang lebih panjang (asal persedian masih ada) 05.30-17.30 WIB. Susu dikemas menggunakan plastik yang diletakkan pada lemari pendingin. Pelanggan juga tidak bisa memasuki area stand penjualan susu seperti biasanya. Antrenya cukup di depan pintu gerbang yang bersebrangan dengan rumah sakit medika mulia itu. Satu kemasan plastic (1 liter ) seharga 12.500, selain susu murni juga tersedia varian susu dengan rasa-rasa tertentu.

Sudah minum susu hari ini?


maswid

simple

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *