Kapan tepatnya Jawa Timur berdiri ? … Jawabannya banyak versi. Lantas mengapa 12 Oktober dijadikan patokan hari jadi ? Berdasarkan sumber sejarah yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya Provinsi Jawa Timur lahir pada tanggal 12 Oktober 1945, hal ini didasarkan pada waktu Gubernur Jawa Timur Pertama Raden Mas Tumenggung Soeryo boyongan dari Residen Bojonegoro menuju ke Surabaya untuk menempati pusat pemerintahan baru.

Apakah Jawa Timur masih berusia semuda itu, adakah versi lain yang menyebutkan hari jadi provinsi di ujung timur pulau jawa ini? Jawabannya ada. Salah satu sumber itu munculnya Kerajaan Kanjuruhan di Malang pada tahun 760. Kerajaan ini mempunyai wilayah yang sama dengan wilayah Jawa Timur saat ini. Sejarah Kerajaan Kanjuruhan ini termuat dalam Prasasti Dinoyo, dan wujud prasasti sekarang bisa kita saksikan di Museum Nasional Jakarta.

Versi lain juga menyebutkan bahwa pada tahun 1255 Provinsi Jawa Timur berdiri. Hal ini didasarkan pada Prasasti Mulamurung, di prasasti yang disimpan di Museum Nasional Jakarta  menerangkan bahwa struktur provinsi di Indonesia mulai ada pada tahun ini. Pada tahun 1929  pemerintahan Hindia Belanda membentuk struktur pemerintahan baru dan menyebutkan nama provinsi jawa timur, hal ini juga bisa diartikan bahwa jawa timur berdiri.

Pada tahun 2017 ini pemerintah provinsi jawa timur merayakan hari jadi provinsi untuk yang ke-10 kalinya. Meskipun sudah lama berdiri, perayaan hari jadi baru dimulai pada tahun 2008. Perayaan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi jawa Timur serta Pemerintah Kabupaten/ Kota seluruh Jawa Timur.

Selamat ulang tahun provinsiku jawa timur, semoga masyarakat lebih sejahtera dan Jer Basuki Mawa Beya. Matur Suwun (maswid)

Kategori: Feature

maswid

simple

1 Komentar

Bakhtiyar Sierad · 12 Oktober 2017 pada 7:43 am

Baru tau saya mas. hehe kalau hari jadi Jatim 12 okt. Nice info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *