Sugiharjo sebuah desa di Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Sugiharjo memiliki penduduk kurang lebih 7 ribu jiwa. Di Desa yang sebentar lagi akan dilewati jalan ring road ini memiliki sebuah tradisi sedekah bumi. Tradisi yang lebih familiar dengan sebutan manganan ini, merupakan tradisi tahunan berupa selamatan dengan membawa makanan ditempat yang dianggap keramat.

Manganan ini seperti yang dilaksanakan ratusan warga Kaligede pada Rabu (25/04/2018) yang berkumpul di lapangan Makam Mbah Sumo Satruno Juwetan, untuk melangsungkan tradisi turun temurun tersebut. Makanan yang dibawa warga kaligede antara lain, tumpeng, berbagai macam kue dan buah-buahan yang ditata sedemikian rupa yang ditaruh dalam wadah. Sebelum makanan tersebut di makan bersama warga, dibacakan lantunan sholawat dan doa-doa kepada Allah Tuhan yang maha kuasa. Yopie Isnawan selaku ketua panitia mengatakan, aktivitas sedekah bumi ini telah berlangsung sejak pagi, dengan diawali acara kerja bakti dan dilanjutkan dengan khataman Al-Quran sampai sore hari, diakhiri dengan pengajian yang disertai yang dilakukan pada malam hari. Pengajian sendiri diisi ceramah agama yang disampaiakn oleh panjenenganipun KH Achmad Rifa’i dari Tuban.

“Kekompakan warga Kaligede membuat acara ini bisa terlaksana dengan lancar. Dimulai kerja bakti, khataman hingga acara ceramah agama ini” terang pegawai pemda ini.

Sedekah bumi yang dilaksanakan secara rutin ini sebagai rasa syukur atas limpahan rahmat Allah SWT. Limpahan rahmat tersebut antara lain atas hasil bumi yg melimpah, kesehatan jasmani dan rohani warga. Selain itu kegiatan ini juga untuk mendo’akan para ahli kubur yg di kebumikan di makam ini.

Karso selaku Kepala Desa, mengatakan bahwa kegiatan ini harus terus dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur dan juga menjaga tradisi harus dijaga keberadaannya. “Sekarang Tuban sudah banyak dimasuki oleh budaya asing, jangan sampai budaya yang bisa merukunkan warga ini hilang,” pintanya dilokasi manganan. (maswid)

Kategori: Feature

maswid

simple

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *