Maharani Zoo dan Goa Lamongan atau biasa disingkat Mazola. Berada di jalur pantai utara jawa, atau lebih tepatnnya berada di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Wisata yang memadukan antara edukasi, konservasi dan rekreasi ini keberadaannya masih satu komplek dengan wisata bahari lamongan (WBL), oleh karena itu pengelola juga menyediakan tiket terusan untuk bisa berwisata di dua destinasi sekaligus.

Daya tarik wisata ini awalnya hanya berupa goa maharani yang banyak ditumbuhi pohon emba pada bagian luarnya. Pada tahun 2008 Pemkab Lamongan menggandeng investor untuk menyulap wisata ini menjadi lebih mempesona. Selain mempercantik goa dengan tata cahaya yang memukau, juga di bangun kebun binatang dengan satwa yang didatangkan dari berbagai negara di dunia termasuk Indonesia tentunya.

Harga tiket masuk wisata ini sebesar 40 ribu per orang pada akhir pekan, dengan biaya tersebut setiap pengunjung akan mendapatkan tiket yang selanjutnya harus dipakai pada pergelangan tangan. Karena sedang adanya pandemi covid-19, seluruh pengunjung wajib memakai masker dan cek suhu tubuh. Tak jauh dari pintu masuk ini, kita juga harus melewati bilik disinfektan. Pengelola juga menyediakan tempat cuci tangan yang menyebar diberbagai titik lokasi. Untuk berkeliling melihat seluruh satwa, pengunjung tinggal mengikuti rute yang telah ditentukan.

Tulisanku kali ini tidak menjelaskan detail ada hewan ini itu, sudah pasti banyak macamnya. Dari semua koleksi satwa, menurutku yang paling unik yaitu sejenis kera yang bernama Siamang. Hewan asli sumatera yang terancam punah ini suaranya sangat keras, bahkan suaranya sangat mendominasi seluruh suara hewan yang ada di kebun binatang ini.

Gajah, unta, jerapah, zebra, kuda nil, kanguru, rusa, singa semua binatang ini sangat tenang menyambut para wisatawan, tapi menyambutnya tetap dikandangnya masing-masing. Termasuk harimau yang viral di sosial media, yang katanya kurang terawat dan kurang makan juga ada disana, gak kurus sih bagiku, atau saya yang salah lihat? Gak tau juga ? . Koleksi burung dan berbagai macam serangga juga ada. Semua jenis kera, ular, musang, landak, termasuk garangan juga ada ?.

Wisata ini juga diperindah dengan dibangunnya Mayan Village, disini para pengunjung bisa menunggang gajah, melihat rumah seribu wajah dan galeri topeng satwa, serta ada fasilitas playground untuk anak-anak. Disini kita juga bisa foto dengan latar belakang bangunan piramida dari mesir.

Jika kita masih kuat untuk berkeliling dan belum capek, kita bisa memasuki goa maharani. Goa ini Saat terkena cahaya, stalaktit dan stalagmit di dalam gua memancarkan cahaya warna-warni yang sangat indah. Maharani juga mempunyai galery batu atau gemstone galery, berbagai jenis batu dari seluruh dunia dipajang pada sebuah wadah kusus yang terbuat dari kaca.

Sebelum pulang, dipintu keluar terdapat kios-kios yang menjanjakan berbagai macam souvenir untuk oleh-oleh. Selain itu juga terdapat pasar hidangan, yang menyajikan berbagai macam makanan utamanya makanan yang berasal dari biota laut (seafood). Sekian, semoga mazola kembali viral, tentunya viral akan kebaikannya ?

Kategori: Travelling

maswid

simple

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *