Tubankab – Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan ini, Pemkab Tuban menerima beberapa kunjungan kerja dan studi banding dari pemerintah daerah lain. Sebelumnya, Pemkab Gresik mengadakan sharing knowledge tentang penerapan internet desa. Kali ini, Rabu (14/10) bertempat di Gedung Korpri Tuban, Pemkab Tuban kembali menerima kunjungan serupa dari Pemkab Malang.

Dalam kesempatan ini, rombongan Pemkab Malang yang terdiri dari Dinas Kominfo, DPMD, Bappeda, AKD Malang disambut oleh Anto Wahyudi, S.STP selaku perwakilan dari Pemkab Tuban dan jajaran pegawai Diskominfo Tuban.

Sambutan pembuka disampaikan Ketua Rombongan Pemkab Malang, Drs. Suwadji, S.IP., M.Si. Ia menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari Pemkab Tuban. Studi banding ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menimba ilmu tentang pengelolaan internet desa.

“Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dan silaturahmi yang lebih erat, serta untuk menimba ilmu pengelolaan internet yang selanjutnya bisa diterapkan di Malang,” ujar ketua rombongan yang juga Kepala DPMD Malang ini.

Menurutnya, tujuan dari kunjungan ini untuk mempersiapkan Siskeudes online di Kabupaten Malang. Karenanya diperlukan persiapan penyiapan jaringan yang matang. “Arahan KPK desa harus online pelaporan keuangannya, sehingga upaya pencegahan bisa dilakukan secepat mungkin,” terangnya.

Kepala Bidang Pemdes Dispemas dan KB Tuban, Anto Wahyudi sebagai perwakilan dari Pemkab Tuban dalam sambutannya mengatakan bahwa gagasan internet desa menggunakan fiber optik dimulai sejak 2018 dan pembiayaan bersumber dari dana desa. Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan Tuban Smart Village.

“Sistem informasi desa apapun hanya bisa dilakukan jika desa menyiapkan infrastruktur jaringan yang memadai dan koneksi yang aman, ”ujarnya.

Anto menambahkan, Pemkab Tuban merasa sangat bangga dan berterima kasih. Ia berharap kunjungan ini lebih mempererat kedua kabupaten. “Kami sangat tersanjung dengan kunjungan ini, Pemkab Malang yang daerahnya lebih luas mau berkunjung ke Kota Tuban,” tutupnya.

Selanjutnya, dilakukan peninjauan lapangan ke Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak. Dalam kunjungan ini para rombongan dikenalkan dengan aplikasi yang sudah berjalan, di antaranya Siskeudes online, SIAK online dan website desa  (widyi utomo/hei)

Sumber : https://tubankab.go.id/

Kategori: Tuban

maswid

simple

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *