Hampir semua kota pasti mempunyai titik 0 (nol) kilo meter. Nol kilometer merupakan sebuah titik lokasi awal suatu kota. Biasanya untuk menandakan sebuah nol KM, dibangunlah sebuah tugu atau bangunan sejenisnya. Tugu tersebut pasti beda-beda bentuk, ukuranya dan juga ketenarannya. Semisal nol KM Yogyakarta yang dekat dengan Malioboro itu pasti sudah banyak yang tahu, juga 0 KM Bandung yang berada di Kawasan Asia Afrika itu dan kota lainnya.

Meskipun tidak terkenal dan mungkin banyak juga orang yang belum tahu akan keberadaannyaa, ternyata Kota Tuban juga memiliki titik nol KM. Letak titik nol KM ini berada di Jalan Teuku Umar, tidak ada bangunan yang khas untuk menandai bahwa lokasi ini jarak awal suatu kota. Sebuah patok berwarna dominan kuning dengan tulisan Tuban 0 warna hitam. Untuk melihat keberadaannya, kalo kita jalan dari arah monumen letda sucipto, berjalan ke arah utara kurang lebih 400 meter berada disebelah timur jalan.

Itulah sedikit tulisanku, yang mungkin gak penting banget. tapi gimana sudah kadung kutulis. ya, ku post aja, dan harapanku sebenarnya menulis ini tak lain dan tak bukan, agar dibangun sebuah tugu khusus, untuk menandai nol KM Tuban. Pesan juga semisal dibangun tugu, ya yang instagramable, agar bisa dipakai foto2 kawula muda kemudian diviralkan dimedsosnya, biar bisa seterkenal Yogyakarta atau Bandung itu… ngarep…. (maswid)

Kategori: Tuban

maswid

simple

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *